Program Latihan Menghadapi Turnamen Karate

Share Button
program persiapan turnamen

program persiapan turnamen

By Mario Christi Suyoto

Turnamen atau Kejuaraan Karate adalah sebuah event yang diadakan untuk mencari peserta terbaik dikelasnya. Bagi peserta, turnamen ini dapat dijadikan sebagai ajang pembuktian atas apa yang telah didapat selama mereka mengikuti latihan karate. Turnamen biasanya dihadiri oleh peserta di l

uar Dojo. Dojo diluar daerah bisa ikut hadir untuk menjadi peserta dalam Turnamen tersebut. Level atau tingkat Turnamen juga bervariasi dari Turnamen tingkat daerah sampai Turnamen tingkat dunia.

Masing-masing peserta harus mengukur kemampuan untuk terjun di sebuah Kejuaraan. Mengikuti sebuah kejuaraan bukannya dengan tanpa persiapan, ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk menghadapi kejuaraan agar kita dapat mengikuti kejuaraan dengan baik, dalam arti, kita dapat bertanding dengan percaya diri.

Menghadapi pertandingan biasanya pelatih anda akan mempersiapkan kondisi fisik anda sebaik mungkin, bahkan porsi latihan anda akan dilipat gandakan guna mendapatkan stamina yang prima. Ada banyak contoh program yang dapat anda terapakan untuk menghadapi turnamen ini. Dibawah ini adalah salah satu contoh Program Latihan yang dapat anda lakukan.

Latihan Fisik

Lari

Lari dapat dilakukan bervariasi dari lari jarak pendek, sprint, lari jarak jauh.

  • Lari jarak pendek : menempuh jarak 400 m (5 sets) dalam waktu kurang dari 3 menit
  • Lari jarak jauh : menempuh jarak 5 km dalam waktu kurang dari 30 menit
  • Sprint : 5 – 10 sets dengan jarak 100 meter

Lompat Katak 

Untuk memperkuat otot kaki, lompat katak adalah salah satu bentuk latihan yang dapat dilakukan. Lakukan lompat kata dengan metode per set 30 detik ( 5 sets )

Push Up & Sit Up

Untuk memperkuat otot perut dan otot tangan kita push up dan sit up adalah metode paling efektif untuk dilakukan. Lakukan gerakan tersebut dengan target 5-10 sets ( 1 set antara 30 – 50 kali)

Latihan Teknik

Shadow Kumite – dengan metode per set : 3 menit – istirahat 1 menit – 2 menit – istirahat 30 detik – 2 menit – istirahat 2 menit untuk set berikutnya. Target 8-10 sets !!!

Sand Back Training dengan metode per set : 3 menit – istirahat 1 menit – 2 menit – istirahat 30 detik – 2 menit – istirahat 2 menit untuk set berikutnya. Target 8-10 sets !!!

Sparing  dengan metode per set : 3 menit Рistirahat 1 menit Р2 menit Рistirahat 30 detik Р2 menit Рistirahat 2 menit untuk set berikutnya. Target 8 Р10 sets !!!

Lakukan program latihan diatas sampai anda menyentuh target yang telah ditentukan. Untuk dapat mencapai target, tentunya persiapan butuh dilakukan jauh hari, paling tidak anda harus menyediakan waktu 5-7 bulan untuk melakukan program latihan ini. Jika anda telah mencapai target, berusahalah agar anda selalu berada pada target yang telah anda capai sampai hari turnamen.

Selamat Mencoba.

Share Button

2 thoughts on “Program Latihan Menghadapi Turnamen Karate

  1. Osu, kalau saya boleh sharing sedikit, berdaarkan pengetahuan saya yang tebatas ini, saya berpendapat bahwa selain hal2 yang telah disampaiakn oleh sensi Mario diatas yang sangat baik itu, mungkin perlu juga dalam shadow kumite itu kita melatih beberapa teknik serangan yang kita anggap sangat effective dan sesuai dengan kekuatan kita, misalnya kita senang dan merasa kuat dalam melakukan gedan geri, maka dalam shadow kumite itu harus banyak dipraktekan, karena shadow kumita yang disertai dengan penalaran / membayangkan seperti saat kumite benaran, akan memberikan dampak yang sangat baik
    Tapi itu hanya pendapat pribadi saya, sekedar sharing, kalau salah ya mohon maaf. Terima kasih.
    Osu
    Handy Setiawan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *